FANGIRL AREA!!! Kalau mau baca cerpen disini ada banyak loh, lirik lagu juga ada

Thursday, December 13, 2018

Inilah penyebab utama mahasiswa banyak yang salah ambil jurusan!!

Salah memilih jurusan baru akan diketahui ketika siswa tersebut kuliah. Bisa jadi, dia enggak akan betah menjalani kuliah karena jurusan yang dipilihnya ternyata enggak sesuai minat dan bakat. Banyak juga siswa yang menyadari bahwa dia salah memilih jurusan sebelum mendaftar ulang ke kampus.  Bisa jadi, dia akan melepas kursi yang didapatnya dari Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tersebut. Dan jika ini terjadi, kemungkinan adik kelasnya akan sulit diterima di PTN tersebut pada SNMPTN tahun berikutnya.

Berikut ini adalah penyebab seseorang salah mengambil jurusan :

1. Tidak mencari informasi
Ketika lulus sekolah, kamu tentu memiliki waktu yang bisa digunakan untuk mencari tahu mengenai jurusan yang akan kamu pilih ketika kuliah nanti.

2. Asal-asalan

Ingat! Jangan sampai kamu memilih sesuatu dengan asal-asalan. Apalagi memilih jurusan kuliah, karena hal itu akan berdampak seperti apa kamu akan menjalaninya. Meskipun sepele, kamu harus pikirkan baik-baik. Sebab, ini akan memengaruhi hasil belajar selama berkuliah nanti.

3. Tidak tahu passion

Mengetahui passion sejak awal sangat penting, karena ini bisa membantumu untuk memilih jurusan ketika kuliah. Dengan mengetahui apa yang kamu inginkan dan kerjakan, kamu jadi memiliki bayangan dan bisa menentukan jurusan apa yang nantinya kamu putuskan untuk dijalankan selama berkuliah.

4.Tergiur prospek kerja bagus

Masukan dari berbagai pihak, entah itu keluarga, saudara,  teman maupun tetangga terkadang membuat seorang siswa bingung dan bimbang.

5.Silau dengan besarnya peluang untuk diterima

Tiap kampus pasti memiliki jurusan yang sepi peminat. Jurusan-jurusan ini cenderung membuka lebih banyak peluang seorang siswa untuk diterima di PTN.

6.Terpaksa

Paksaan dari orangtua kerap menjadi alasan seorang siswa salah memilih jurusan. Karena ingin berbakti, banyak siswa tidak menyampaikan perbedaan kehendak mereka dengan orangtua dalam memilih jurusan di PTN. 

.
.
.
cr: pejuangmileneal

No comments:

Post a Comment